5 Menu Makan Siang yang Pastinya Sehat dan Praktis!

Ketika sedang membicarakan topik ‘makanan sehat’, orang sering berpikiran bahwa makanan yang sehat itu sulit dibuat, merepotkan, banyak syarat-syaratnya, dan memiliki istilah-istilah asing. Padahal tidak juga, lho!

Banyak sekali makanan sehat yang sebenarnya praktis dibawa ke mana-mana dan juga memiliki nama dan tampilan yang sederhana. Banyak dari menu makanan sehat yang sesungguhnya sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari, bahkan sebelum kita memiliki keinginan untuk mulai menyantap makanan sehat sekali pun.

Di bawah ini, tim BetterMeal akan berbagi 5 menu makanan yang sudah tidak diragukan lagi nilai gizi dan kesehatannya. Tidak lupa, menu-menu ini praktis, mudah untuk disantap, dan tentu saja enak!

Salmon panggang

Olahan salmon yang baru selesai dipanggang, ditaburi rempah segar, garam, dan minyak zaitun. Di sebelahnya terdapat potongan lemon segar. sajian makan sehat sudah siap

Tahukah kamu jika setiap satu porsi ikan salmon mengandung 1,2 sampai 1,9 gram asam lemak omega-3 dan vitamin B12? Lembaga kesehatan jantung di Amerika, American Heart Association, bahkan merekomendasikan agar kita rutin mengonsumsi ikan berlemak, terutama ikan salmon, minimal dua porsi dalam seminggu, lho! Ikan salmon terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan otak, meningkatkan kesehatan otak dan tulang, dan juga mencegah kita dari gangguan kesehatan mental seperti depresi.

Cara yang praktis untuk mengolah ikan salmon salah satunya adalah dengan dipanggang. Cara masak ini membuat citarasa ikan salmon ini makin kaya, dan juga teksturnya makin lembut dan menggoda untuk disantap! Cukup dengan dibaluri minyak zaitun, sedikit perasan lemon, dan berbagai rempah segar, nyam… ikan salmon bisa jadi salah satu menu favorit kita untuk santapan sehat di siang hari!

Omelet bayam

Telur omelet bayam disajikan di atas piring dengan bayam segar di sebelahnya. makanan sehat - bettermeal

Siapa yang dulu waktu kecil susah sekali makan sayur? Nah, tidak cuma anak kecil saja yang butuh sayur untuk tetap menjaga tumbuh kembang yang baik, ya! Manusia di segala umur juga tetap butuh sayur untuk menjaga kesehatan tentunya. Bicara sayur, pasti ingat bayam, dong. Yap, sayuran dengan zat besi yang satu ini populer sekali, ya. Popularitas bayam ini tentunya bukan tanpa alasan. Bayam memiliki manfaat yang sangat banyak, dari mengontrol kadar diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit seperti asma hingga kanker, dan juga menjaga kesehatan kulit, rambut, dan tulang.

Jika kamu bosan dengan olahan bayam yang itu-itu saja dan tidak bervariasi, kamu bisa coba menyantap bayam yang diolah dengan telur sehingga menjadi omelet bayam, lho! Selain mendapatkan berbagai manfaat bayam yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan mendapatkan asupan protein baik dari telur. Terlihat sederhana, tapi enak dan sehatnya luar biasa!

Shirataki aglio e olio

Hidangan aglio e olio di atas piring yang dibuat dengan mi shirataki, diolah dengan tambahan jamur, ayam, dan cabe rawit merah. Di sebelahnya terdapat botol minyak zaitun merek Olivoila. makan sehat - bettermeal

Eits, jangan kabur dulu ya setelah membaca nama yang terdengar sangat asing ini. Kami jelaskan dulu, nih! Nama menu ini berasal dari bahasa Italia, yang juga merupakan tempat asal hidangan pasta ini: aglio berarti bawang putih, dan olio artinya minyak. Jadi, aglio e olio adalah cara olah spaghetti yang sangat praktis dan simpel, yaitu hanya dengan minyak dan bawang putih. Lalu, apa itu shirataki? Sederhananya, shirataki adalah bihun Jepang.

Meski masakan aglio e olio biasanya berbahan dasar pasta, menu modifikasi ini menggunakan shirataki sebagai bahan utamanya. Mi shirataki yang dibuat dari akar tanaman konjak ini sangat rendah kalori karena karbohidratnya berasal dari serat dan bukan hanya pati. Siapa di sini yang berniat menurunkan berat badan atau menurunkan kolesterol? Coba menu makan siang ini, yuk!

Tumis brokoli

Hidangan brokoli yang ditumis sederhana dengan bawang putih, disajikan di atas piring. makan sehat - bettermeal

Satu lagi menu sayur yang diolah dengan lezat untuk kalian coba! Ini namanya tumis brokoli. Menu yang sederhana dan praktis ini hanya terdiri dari 3 bahan: brokoli, minyak zaitu, dan bawang putih. Sekali lagi, bahan apa pun kalau sudah ditumis dengan bawang putih memang nggak ada duanya, deh! Jadi jangan ragu dengan kelezatannya, ya.

Kalau kamu berkomitmen untuk sehat, jangan lupa untuk selalu memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makan siangmu, terutama brokoli! Kenapa? karena brokoli memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit, bagus untuk kesehatan mata, pencernaan, dan juga ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hari begini, pasti semua orang ingin sistem imun yang kuat, bukan?

Salad ayam

Salad yang terdiri dari bahan utama ayam panggang, dan dilengkapi dengan tomat, alpukat, bawang merah, selada, daun ketumbar, dan kacang-kacangan. makan sehat - bettermeal

Daftar menu makanan sehat dan praktis sepertinya tidak lengkap tanpa adanya salad. Ya! Tentu di sini kami juga akan berbagi menu salad kepada kalian, tepatnya: salad ayam. Jadi, jangan salah pikir bahwa salad hanya terdiri dari bahan-bahan mentah, ya! Bahan-bahan yang ada di dalam salad juga bisa dimasak, kok. Tapi tentunya cara memasaknya yang sehat dan tidak banyak melibatkan goreng-menggoreng. Bahan pelengkap salad ini adalah tomat, alpukat, bawang merah, selada, daun ketumbar, dan kacang-kacangan. Sedangkan, ayamnya cukup dilumuri dada ayam dengan minyak zaitun, garam, lada, jinten, dan bawang putih, lalu dipanggang.

Jangan berpikiran bahwa sehat = hijau-hijauan membosankan terus! Lauk pauk yang biasa kamu makan sehari-hari pun juga makanan sehat yang banyak gizinya, asalkan cara memasaknya benar. Contohnya, dada ayam penuh dengan protein yang diperlukan untuk membangun otot bagi kamu para gym enthusiast!


Gimana? Setelah melihat kelima menu makanan sehat yang ada di atas, sudahkah kamu tertarik untuk mencoba hidup sehat dengan menu makanan yang bergizi dan praktis untuk makan siang sehari-hari? Nggak perlu bingung, karena kamu hanya perlu memilih pilihan langganan Menu Sehat atau Menu Diet di BetterMeal!

Dengan BetterMeal, kamu bisa dengan mudah memesan makanan setiap hari, atau dijadwalkan tiap minggu maupun tiap bulan untuk diantar langsung ke rumahmu atau ke kantormu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung coba langganan menu makan siang yang sehat, praktis, sederhana, dan tentunya lezat di BetterMeal!